Tugas Pokok dan Fungsi

  1. Sekretaris Daerah
    Unit Organisasi : Sekretariat Daerah Kabupaten Lebak
    Tugas Pokok :

    Memimpin, mengatur, mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan sekretaris daerah dalam bidang pemerintahan, pembangunan, kemasyarakatan dan pelayanan teknis administrasi kepada perangkat daerah.

    Uraian Tugas :

    Mengkoordinasikan penyusunan rencana kerja sekretariat daerah berdasarkan kebijakan bupati ;

    Mendisribusikan dan memberi petunjuk pelaksanaan kepada bawahan ;

    Mengkoordinasikan kegiatan bawahan dalam rangka penyelenggaraan pemerintah daerah ;

    Memantau perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan serta pelayanan teknis administrasi pemerintahan daerah ;

    Membina dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja yang efektif, efisien dan pengembangan karir ;

    Mengevaluasi hasil kerja bawahan sebagai bahan pembinaan penyelenggaraan administrasi pemerintah daerah ;

    Merumuskan dan menetapkan program pembinaan kegiatan sekretariat daerah yang meliputi penyelenggaraan pemerintahan, administrasi pembangunan, kesejahteraan rakyat, pelayanan bantuan sarana pendidikan dan keagamaan ;

    Menetapkan perumusan program dan petunjuk teknis pembinaan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan serta pelayanan teknis administrasi pemerintahan daerah ;

    Mengkoordinasikan dan melaksanakan pembinaan kepada perangkat pemerintah daerah dalam rangka pendayagunaan aparatur di daerah ;

    Merumuskan kegiatan sekretariat daerah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan ;

    Mengendalikan kegiatan bawahan ;

    Merumuskan dan mengkoordinasikan penetapan program pembangunan daerah yang meliputi belanja langsung dan tidak langsung sebagai bahan pembinaan dan pengendalian keuangan daerah ;

    Merumuskan penetapan rancangan perundang-undangan produk hukum daerah yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintah sebagai bahan kebijakan pemerintah daerah ;

    Mengatur dan mengendalikan pengelolaan keuangan anggaran belanja langsung dan tidak langsung sekretariat daerah ;

    Mengkaji dan merumuskan naskah keputusan pengangkatan / mutasi jabatan struktural esselon II, III, IV dan jabatan fungsional di lingkungan sekretariat daerah, dinas / badan / lembaga unit kerja perangkat daerah ;

    Menganalisa dan merumuskan naskah rekomendasi dan tujuan pengangkatan / mutasi jabatan eselon II, III, IV dan jabatan fungsional di lingkungan sekretariat daerah, dinas / badan / lembaga kerja sebagai bahan pertimbangan dan kebijakan bupati ;

    Mengkaji konsep naskah dinas hasil kerja bawahan ;

    Mengatur dan mengendalikan layanan teknis administratif kepada unit kerja perangkat daerah ;

    Mengkaji alternatif pemecahan masalah dan konsep masalah dinas lain hasil kerja bawahan ;

    Mengkoordinasikan kegiatan perangkat daerah, dinas, badan, lembaga, kantor terkait dalam upaya lebih meningkatkan hasil pelaksanaan tugas di daerah ;

    Memaraf atau menandatangani konsep atau askah dinas yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan, pembangunan, kesejahteraan sosial sesuai kewenangan bidang tugas dan ketentuan yang berlaku di lingkungan sekretariat daerah

    Mengkoordinasikan kegiatan perangkat daerah pada dinas / badan / lembaga pemerintah dalam upaya pendayagunaan aparatur di daerah / unit kerja perangkat daerah ;

    Melaksanakan konsultasi dengan pejabat pada dinas / badan / lembaga / unit kerja perangkat daerah;

    Menyusun dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada pimpinan ;

    Melaksanakan tugas lain atas perintah pimpinan untuk mewakili tugas-tugas yang bersifat strategis dan maupun yang bersifat kebijaksanaan pimpinan serta melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya ;

    Membantu bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan ;

    Memimpin, mengkoordinasikan, seluruh kegiatan di lingkungan sekretariat daerah ;

    Mengkoordinasikan penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah ;

    Mengkoordinasikan penyusunan program kerja pelaksanaan operasional pemerintah daerah ;

    Menyelenggarakan dan membina kegiatan administrasi kepegawaian, keuangan, perlengkapan urusan rumah tangga dan perjalanan dinas dalam lingkungan pemerintah daerah ;

    Memberikan saran, pertimbangan kepada bupati sebagai bahan pengambilan keputusan ;

    Melaksanakan fungsi sekretaris muspida ;

    Memberikan pelayanan teknis administratif kepada bupati dan semua unit kerja / perangkat daerah;

    Membina dan memelihara terus menerus kemampuan berprestasi para pegawai di lingkungan sekretariat daerah;

    Menyiapkan laporan pelaksanaan tugas kepada bupati ;

    Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh bupati sesuai dengan fungsinya.

  2. Assisten Pemerintahan

    Unit Organisasi : Setda Lebak
    Tugas Pokok :

    Mengkoordinasikan, membina dan mengendalikan  penyelenggaraan pemerintahan dalam bidang pembinaan penyelenggaraan otonomi daerah, pemerintahan umum dan peningkatan kapasitas kecamatan administrasi pertanahan, perumusan peraturan perundang-undangan serta organisasi tata laksana dan kepegawaian

    Uraian Tugas : Menyusun rencana kerja untuk kegiatan-kegiatan yang menyangkut bidang pekerjaan tata pemerintahan umum dan hukum serta organisasi tata laksana dan kepegawaian  ;
    Mendisribusikan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas ;
    Memantau dan mengendalikan kegiatan bawahan ;
    Mengkoordinasikan kegiatan bawahan ;
    Membimbing dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja dan pengembangan karir ;
    Mengevaluasi sejauh mana kesesuaian dengan program yang telah ditentukan ;
    Mengkoordinasikan usulan anggaran rutin dan pembangunan pada bagian-bagian di lingkungan assisten pemerintahan ;
    Menyempurnakan dan memantapkan konsep naskah dinas yang menjadi wewenangnya ;
    Mempelajari dan menganalisis serta memaraf konsep peraturan daerah, peraturan bupati lebak dan produk-produk hukum lainnya yang diajukan oleh seluruh unit kerja;
    Memberikan rekomendasi untuk jabatan camat dan lurah ;
    Melaksanakan pembinaan di bidang pemerintahan kecammatan, kelurahan ;
    Melaksanakan pembinaan di biang penyelenggaraan otonomi daerah pemerintahan umum dan peningkatan kapasitas kecamatan ;
    Melaksanakan pembinaan di bidang administrasi pertanahan dan perumusan peraturan perundang-undangan serta organisasi tata laksana, kepegawaian ;
    Merumuskan bahan kebijakan penyusunan program dan petunjuk teknis serta memantau penyelenggaraan otonomi daerah, pemerintahan umum dan peningkatan kapasitas kecamatan serta administrasi pertanahan ;
    Mengkoordinasi kegiatan penyelenggaraan otonomi daerah, pemerintahan umum dan peningkatan kapasitas kecamatan serta administrasi pertanahan ;
    Merumuskan dan menyusun bahan kebijakan dan mengkoordinasi perumusan peraturan perundang-undangan, organisasi tata laksana kepegawaian ;
    Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan untuk bahan pembinaan ;
    Mengkordinasikan seluruh kegiatan yang ada kaitannya dengan masalah pengadaan tanah ;
    Membuat laporan pelaksanaan tugas untuk disampaikan kepada sekretaris daerah ;

    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan.

  3. Kepala Bag Administrasi Pemerintahan Umum
    Unit Organisasi : Assisten Pemerintahan
    Tugas Pokok :

    Memimpin, Merencanakan, Mengatur Dan Mengendalikan Kegiatan Administrasi Pemerintahan Umum Yang Meliputi Pelaksanaan Penyusunan Program Dan Petunjuk Teknis Pembinaan Penyelenggaraan Otonomi Daerah, Pemerintahan Umum Dan Kapasitas Kecamatan Serta Administrasi Pertanahan

    Uraian Tugas : Menyusun rencana kerja untuk kegiatan-kegiatan yang menyangkut bidang pekerjaan tata pemerintahan umum dan hukum serta organisasi tata laksana dan kepegawaian  ;
    Mendisribusikan dan memberi petunjuk pelaksanaan tugas ;
    Memantau dan mengendalikan kegiatan bawahan ;
    Mengkoordinasikan kegiatan bawahan ;
    Membimbing dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja dan pengembangan karir ;
    Mengevaluasi sejauh mana kesesuaian dengan program yang telah ditentukan ;
    Mengkoordinasikan usulan anggaran rutin dan pembangunan pada bagian-bagian di lingkungan assisten pemerintahan ;
    Menyempurnakan dan memantapkan konsep naskah dinas yang menjadi wewenangnya ;
    Mempelajari dan menganalisis serta memaraf konsep peraturan daerah, peraturan bupati lebak dan produk-produk hukum lainnya yang diajukan oleh seluruh unit kerja;
    Memberikan rekomendasi untuk jabatan camat dan lurah ;
    Melaksanakan pembinaan di bidang pemerintahan kecammatan, kelurahan ;
    Melaksanakan pembinaan di biang penyelenggaraan otonomi daerah pemerintahan umum dan peningkatan kapasitas kecamatan ;
    Melaksanakan pembinaan di bidang administrasi pertanahan dan perumusan peraturan perundang-undangan serta organisasi tata laksana, kepegawaian ;
    Merumuskan bahan kebijakan penyusunan program dan petunjuk teknis serta memantau penyelenggaraan otonomi daerah, pemerintahan umum dan peningkatan kapasitas kecamatan serta administrasi pertanahan ;
    Mengkoordinasi kegiatan penyelenggaraan otonomi daerah, pemerintahan umum dan peningkatan kapasitas kecamatan serta administrasi pertanahan ;
    Merumuskan dan menyusun bahan kebijakan dan mengkoordinasi perumusan peraturan perundang-undangan, organisasi tata laksana kepegawaian ;
    Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan untuk bahan pembinaan ;
    Mengkordinasikan seluruh kegiatan yang ada kaitannya dengan masalah pengadaan tanah ;
    Membuat laporan pelaksanaan tugas untuk disampaikan kepada sekretaris daerah ;
    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan.
     
  4. Kepala Bagian Hukum Dan Perundang-Undangan
    Unit Organisasi : Assisten Pemerintahan
    Tugas Pokok :

    Memimpin, merencanakan, mengatur dan mengendalikan kegiatan bagian hukum yang meliputi perumusan peraturan perundang-undangan, telaahan hukum, pemberian bantuan hukum, sosialisasi dan mendokumentasikan produk hukum

    Uraian Tugas : Menyusun rencana kerja untuk kegiatan bagian hukum dan perundang-undangan ;
    Mendistribusikan tugas dan memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada  bawahan ;
    Memantau dan mengendalikan kegiatan bawahan ;
    Mengkoordinasikan kegiatan bawahan ;
    Mengevaluasi hasil kerja bawahan ;
    Mengkoordinasikan perumusan Peraturan Daerah dan Peraturan Bupati Lebak ;
    Menelaah dan memantau pelaksanaan dan peraturan produk hukum daerah dan menyiapkan bahan rancangan peraturan daerah ;
    Menganalisis data dan konsep naskah dinas lain hasil kerja bawahan  ;
    Menyelenggarakan bantuan hukum kepada semua unsur pemerintah daerah atau masalah hukum yang timbul dalam pelaksanaan tugas ;
    Menyelenggarakan dokumentasi hukum, publikasi, produk hukum dan penyuluhan hukum  ;
    Melaksanakan koordinasi kegiatan yang berkaitan dengan dinas / instansi / badan / lembaga terkait ;
    Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan ;
    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan.
     
  5.  Kepala Bagian Bagian Organisasi 
    Unit Organisasi : Assisten Pemerintahan
    Tugas Pokok :

    Memimpin, merencanakan, mengatur dan mengendalikan kegiatan bagian organisasi yang meliputi kegiatan-kegiatan pembinaan kelembagaan, ketatalaksanaan, pendayagunaan aparatur, pengolahan data dan menganalisa formasi jabatan perangkat daerah serta mengelola administrasi kepegawaian sekertariat daerah

    Uraian Tugas : Menyusun rencana kerja untuk kegiatan bagian organisasi ;
    Mendistribusikan tugas dan memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan;
    Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas bawahan ;
    Menyusun dan mengoreksi bahan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pembinaan kelembagaan, ketatalaksanaan, pendayagunaan aparatur, pengolahan data dan menganalisa formasi jabatan perangkat daerah serta mengelola administrasi kepegawaian sekretariat daerah ;
    Melaksanakan pengkajian dan penelitian penataan, pengembangan organisasi dan tata laksana di lingkungan pemerintah kabupaten lebak ;
    Menyusun dan mengoreksi rencana pengembangan dan penataan organisasi di lingkungan pemerintah daerah ;
    Menyusun dan mengoreksi bahan penyempurnaan tata kerja, metode kerja dan prosedur kerja tata laksana pemerintaha, pembangunan aparatur negara di daerah ;
    Menyusun rencana dan menyelenggarakan program pendayagunaan aparatur negara di daerah ;
    Menyusun dan mengoreksi pembentukan kepanitaan / tim yang berkaitan dengan kelembagaan dan ketatalaksanaan ;
    Menyusun dan mangatur kegiatan pengolahan data formasi jabatan perangkat daerah serta mengelola administrasi kepegawaian sekretariat daerah ;
    Mengevaluasi dan mengendalikan kegiatan kelembagaan ketatalaksanaan di lingkungan pemerintah daerah ;
    Mengevaluasi dan mengendalikan kegiatan pengolahan data formasi jabatan perangkat daerah serta Mengelola administrasi kepegawaian sekretariat daerah ;
    Mengoreksi berkas naskah dinas sesuai bidang tugas kelembagaan ;
    Mengoreksi dan mengkoordinasikan perumusan bahan serta konsep naskah peraturan dan produk hukum lainnya sesuai dengan bidang tugas kelembagaan dan ketatalaksanaan serta kepegawaian sekretariat daerah ;
    Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas bagian organisasi ;
    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan
     
  6. Assisten Perekonomian Dan Pembangunan
    Unit Organisasi : Setda Lebak
    Tugas Pokok :

    Mengkoordinasikan, membina dan mengendalikan penyelenggaraan dalam bidang pelaksanaan penyusunan pedoman petunjuk teknis pembinaan pelaksanaan pembangunan perekonomian daerah dan produksi daerah

    Uraian Tugas : Menyusun rencana kerja untuk kegiatan-kegiatan yang menyangkut bidang perekonomian dan pembangunan ;
    Mendistribusikan tugas dan memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan 
    Memantau dan mengendalikan kegiatan bawahan ;
    Mengkoordinasikan kegiatan bawahan ;
    Membimbing dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja dan pengembangan karier ;
    Mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan untuk mengetahui sejauhmana kesesuaian dengan program yang telah ditentukan ;
    Mengkoordinasikan usulan anggaran rutin dan pembangunan pada bagian-bagian di lingkungan assisten perekonomian dan pembangunan ;
    Menyempurnakan dan memantapkan konsep naskah dinas yang menjadi wewenangnya ;
    Mengkoordinasikan penyusunan program dan petunjuk teknis pembinaan pembangunan daerah ;
    Mengkoordinasikan program-program dan petunjuk teknis di bidang produksi pertanian, perusahaan daerah dan perbankan daerah ;
    Mengkoordinasikan program-program dan petunjuk teknis pembinaan di bidang pemberian bantuan dan pelayanan di bidang kesehatan masyarakat, agama, pendidikan, sosial dan kebudayaan serta ketenaga kerjaan dan transmigrasi ;
    Mengkoordinasikan program-program dan petunjuk teknis pembinaan di bidang pemberian bantuan dan pelayanan di bidang pemukiman pedesaaan, lingkungan perkotaan dan pencemaran lingkungan;
    Memberikan saran laporan dan pertimbangan kepada bupati melalui sekretaris daerah ;
    Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas untuk disampaikan kepada sekretaris daerah ;
    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan.
     
  7. Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Dan Sumber Daya Alam
    Unit Organisasi : Assisten Perekonomian Dan Pembangunan
    Tugas Pokok :

    Memimpin, merencanakan, megatur dan mengendalikan kegiatan bagian administrasi perekonomian dan sumber daya alam yang meliputi pelaksanaan dan mengkoordinasikan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan seta memonitor perkembangan di bidang sarana perekonomian dan peningkatan produksi daerah, sarana dan pembangunan perekonomian rakyat serta pembinaan perusahaan-perusahaan daerah dan perbankan daerah serta ketahanan pangan.

    Uraian Tugas : Menyusun rencana kerja untuk kegiatan bagian administrasi perekonomian dansumber daya alam ;
    Mendistribusikan tugas dan memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan;
    Mengkoordinasikan kegiatan bawahan ;
    Mengevaluasi hasil kerja bawahan ;
    Mengatur dan mengawasi pelaksanaan kegiatan dalam rangka peningkatan perekonomian daerah ;
    Mengoreksi konsep petunjuk teknis pembinaan terhadap prouksi daerah yang meliputi produksi pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, industri dan transportasi serta produksi pertambangan dan energi, kepariwisataan, koperasi, perdagangan, perusahaan daerah, perbankan daerah serta ketahanan pangan ;
    Merumuskan dengan instansi terkait dalam rangka peningkatan perekonomian di bidang produksi daerah dan ketahanan pangan ;
    Menelaah data di bidang perekonomian sebagai bahan pengambilan keputusan pemimpin ;
    Melaksanakan koordinasi kegiatan di bidang perekonomian ;
    Melaksanakan pembinaan terhadap kegiatan atau usaha-usaha pembangunan dan pengembangan perekonomian ;
    Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai dengan bidang tugas ;
    Membuat laporan hasil pelaksanaan tugas bagian ekonomi ;
    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan.
     
  8. Kepala Bagian Administrasi Pembangunan
    Unit Organisasi : Assisten Perekonomian Dan Pembangunan
    Tugas Pokok :

    Memimpin, merencanakan, mengatur dan mengendalikan kegiatan bagian administrasi pembangunan yang meliputi pelaksanaan dan mengkoordinasikan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan, pengendalian administrasi pembangunan serta evaluasi dan pelaporan

    Uraian Tugas : Menyusun rencana kerja untuk kegiatan sub bagian administrasi pembangunan berdasarkan rencana kerja assisten perekonomian dan pembangunan ;
    Mendistribusikan tugas dan memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan;
    Memantau dan mengendalikan kegiatan bawahan ;
    Mengkoordinasikan kegiatan bawahan ;
    Mengevaluasi hasil kerja bawahan ;
    Mengoreksi naskah dinas, pedoman petunjuk teknis pembinaan penyusunan administrasi pembangunan serta usulan pembentukan panitia proyek ;
    Mengkoordinasikan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan, pengendalian administrasi pembangunan serta evaluasi dan pelaporan ;
    Menelaah data untuk bahan penyusunan pelaksanaan bantuan program pembangunan yang dibiayai oleh apbd, bantuan pembangunan dan dana pembangunan lainnya serta partisipasi masyarakat ;
    Menelaah usulan ras dari masing-masing unit kerja ;
    Memantau pelaksanaan pelelangan proyek pembangunan yang dilaksanakan oleh panitia proyek ;
    Melaksanakan pembinaan dan pengendalian terhadap pelaksanaan proyek-proyek pembangunan yang akan dan telah selesai dilaksanakan berasarkan kontrak kerja dan jadwal waktu pelaksanaan ;
    Melaksanakan koordinasi penyusunan program pembangunan tahunan di daerah ;
    Mengoreksi konsep surat rekomendasi atas usulan bantuan proyek pembangunan ;
    Mengevaluasi proyek-proyek pembangunan ;
    Melaporkan hasil pelaksanaan tugas bagian administrasi pembangunan ;
    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan.
     
  9. Assisten Administrasi Umum
    Unit Organisasi : Setda Lebak
    Tugas Pokok :

    Mengkoordinasikan, membina dan mengendalikan dalam bidang perlengkapan, ketatausahaan, keprotokolan, kearsipan dan rumah tangga serta mengelola keuangan sekretariat daerah dan kepala daerah

    Uraian Tugas : Menyusun rencana kerja untuk kegiatan-kegiatan yang menyangkut bidang pekerjaan, perlenkapan, ketatausahaan, kearsipan dan rumah tangga serta keuangan sekretariat daerah dan kepala daerah;
    Mendistribusikan tugas dan memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan;
    Memantau dan mengendalikan kegiatan bawahan, agar bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing ;
    Mengkoordinasikan kegiatan bawahan  ;
    Membimbing dan memotivasi bawahan dalam upaya peningkatan produktivitas kerja dan pengembangan karier ;
    Mengevaluasi pelaksanaan tugas bawahan untuk mengetahui sejauhmana kesesuaian dengan progran yang telah ditentukan ;
    Mengkoordinasikan usulan anggaran rutin dan pembangunan pada bagian-bagian di lingkungan assisten administrasi umum ;
    Menyempurnakan dan menetapkan konsep naskah dinas yang menjadi wewenangnya ;
    Mengkoordinasikan penyusunan program dan petunjuk teknis pembinaan di bidnag tugas assisten administrasi umum ;
    Melaksanakan koordinasi kerja dengan instansi di bidang tugas assisten administrasi umum ;
    Menandatangani naskah dinas yang menjadi kewenangannya ;
    Memberikan saran dengan tugas-tugas lingkup assisten administrasi umum ;
    Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas untuk disampaikan kepada sekretaris daerah ;
    Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan.
     
  10. Kepala Bagian Umum Dan Protokol
    Unit Organisasi : Assisten Administrasi Umum
    Tugas Pokok :

    Memimpin, merencanakan, mengatur dan mengendalikan  kegiatan bagian umum dan protokol yang meliputi melaksanakan urusan tata usaha dan pembinaan kearsipan, keprotokolan, perjalanan dinas serta urusan rumah tangga sekretariat daerah.

    Uraian Tugas : Menyusun rencana kerja untuk kegiatan bagian umum dan keprotokolan ;
    Mendisribusikan tugas dan memberikan petunjuk serta pengarahan dalam pelaksanaan kegiatan kepada bawahan ;
    Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas bawahan ;
    Memantau dan mengendalikan kegiatan bawahan ;
    Mengendalikan tata usaha umum dan tata usaha pimpinan ;
    Mengendaliakan kegiatan rumah tangga sekretariat daerah ;
    Mengkoordinasikan persiapan rapat-rapat yang diselenggarakan pemerintah daerah ;
    Melaksanakan pembinaan dan pengelolaan kearsipan di lingkungan sekretariat daerah;
    Mengoreksi berkas dan naskah dinas yang berkaitan dengan kegiatan bagian umum dan protokol ;
    Menyelenggarakan urusan keamanan dalam terhadap personil, material dan informasi;
    Menyelenggarakan ketatausahaan, urusan rumah tangga, keprotokolan dan sekretariat daerah ;
    Menganalisis bahan pembinaan dan petunjuk teknis administrasi ketatausahaan, urusan rumah tangga, keprotokolan dan sekretariat daerah ;
    Melaksanakan dan mengkoordinasikan penyelenggaraan pelayanan kebutuhan strategis pimpinan yang mendesak sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku ;
    Mengkaji dan merumuskan alternatif pemecahan masalah yang berkaitan dengan ketatausahaan, urusan rumah tangga, keprotokolan dan sekretariat daerah ;
    Menyusun atau mengoreksi konsep naskah dinas lain hasil kerja bawahan serta memaraf atau menandatangani naskah dinas sesuai dengan kewenangan ;
    Melakasanakan koordinasi kegiatan dengan pejabat dinas / instansi / kantor / badan / lembaga / unit kerja baik pusat maupun daerah ;
    Menyusun dan mengoreksi bahan petunjuk pelaksanaan keprotokolan di daerah  ;
    Mengevaluasi dan merumuskan dana kebutuhan keprotokolan ;
    Mengevaluasi dan menyusun laporan pelaksanaan tugas bagian umum dan protokol ;
    Melaksanakan tugas kedinasan lain atas petunjuk atasan.
     
  11. Kepala Bagian Keuangan
    Unit Organisasi : Assisten Administrasi Umum
    Tugas Pokok :

    Memimpin, merencanakan, mengatur dan mengendalikan kegiatan bagian keuangan yang meliputi melaksanakan dan mengkoordinasikan penyusunan program, perubahan anggaran serta membina administrasi keuangan daerah serta kepala daerah.

    Uraian Tugas : menyusun rencana kerja ;
    mendistribusikan tugas dan memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan ;
    melaksanakan bimbingan dan arahan kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas ;
    memantau dan mengawasi kegiatan bawahan ;
    mengevaluasi hasil kerja bawahan ;
    menganalisa, meneliti data atas program dan kegiatan disetiap bagian di lingkungan sekretariat daerah kabupaten lebak dalam rangka penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) dan perubahan APBD ;
    memverifikasi meteri rencana kerja anggaran (RKA) dan dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) yang diajukan oleh bagian di lingkungan sekretariat daerah kabupaten lebak ;
    mempersiapkan dan menyusun materi keuangan untuk kajian dprd  ;
    meneliti naskah surat keputusan bupati lebak tentang penatausahaan keuangan daerah di lingkungan sekretariat daerah kabupaten lebak ;
    meneliti anggaran kas ;
    melaksanakan pengendalian penyediaan anggaran atas realisasi belanja tidak langsung dan belanja langsung ;
    meneliti dan memeriksa data untuk penyusunan laporan keuangan ;
    membuat naskah nota dinas yang berkaitan dengan tugas bagian keuangan ;
    memeriksa, mengkaji dan memberikan paraf atas surat perintah membayar (SPM) UP/GU/TU/LS untuk belanja tidak langsung dan belanja langsung ;
    melaksanakan penatausahaan keuangan daerah dengan sistem akuntansi ;
    melaksanakan pembinaan penatausahaan keuangan daerah di lingkungan sekretariat daerah kabupaten lebak ;
    merumuskan dan menganalisa proses pembelian barang baik dengan cara   langsung maupun pelelangan ;
    menyusun laporan pelaksanaan tugas ;
    melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan bidang tugasnya.
     
  12. Kepala Bagian Perlengkapan Dan Aset Daerah
    Unit Organisasi : Assisten Administrasi Umum
    Tugas Pokok : Memimpin, merencanakan, mengatur dan mengendalikan kegiatan melaksanakan penyusunan program kebutuhan perbekalan dan pengelolaan perlengkapan serta aset daerah.
    Uraian Tugas : Menyusun rencana kerja untuk kegiatan bagian perlengkapan dan aset daerah ;
    Mendisribusikan tugas dan memberikan petunjuk pelaksanaan tugas kepada bawahan ;
    Memimpin dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas bawahan ;
    Menyusun dan mengoreksi bahan petunjuk pelaksanaan pembinaan pengadaan perlengkapan dan aset daerah ;
    Menelaah dan merumuskan rencana pengadaan perlengkapan dan perbekalan pemerintah daerah ;
    Menelaah dan mengendalikan pelaksanaan tender serta pengadaan perlengkapan dan aset daerah ;
    Meneliti mengoreksi naskah dinas serta pengadaan perlengkapan dan aset daerah ;
    mengendalikan penyimpanan pendistribusian dan pemeliharaan perlengkapan dan aset daerah ;
    Mengevaluasi dan merumuskan dana kebutuhan pengadaan perlengkapan dan aset daerah ;
    Melaksanakan kegiatan administrasi perbekalan dan material ;
    Menyusun laporan hasil pelaksanaan tugas bagian perlengkapan dan aset daerah ;
    Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai dengan bidang tugasnya.